>

Sejarah AC

Pengertian AC

AC adalah suatu alat elektonik rumah tangga yang digunakan sebagian banyak orang untuk memudahkan suatu kegiatan mengatur atau menyesuaikan suhu ruangan tertentu agar tetap normal dan stabil sesuai kebutuhan. AC merupakan alat untuk mengkondisikan suhu ruangan.
Jadi, tujuan mengapa sebagian banyak orang membutuhkan tenologi AC itu sendiri sebenarnya sudah terselip dari memampuannya menyesuaian suhu.

bentuk AC pertama kali diciptakan di dunia

Sejarah AC

Airconditioner telah ada sejak jaman romawi kuno, pada jaman itu penerapan AC masih sangat sederhana sekali. Dengan teknologi yang masih terbatas, AC diciptakan melalui ilustrasi air yang mengalir bak air terjun jatuh ke bawah sehingga mampu menimbulkan efek sejuk di dasar akibat hembusan embun yang menyebar disekitarnya.

Sederhana sekali, namun bagi mereka yang hidup di jaman itu, saya rasa tidak mudah bagi mereka. Harus menampung air dalam skala banyak, dan membuat tempat penampung air membutuhkan jasa dan juga biaya lebih besar. Perlu perencanaan dalam penempatan AC!!!

Pada jaman romawi AC di desain seperti penampung air yang sengaja di buat untuk mengalir di sisi dinding rumah agar menimbulkan dampak yang sejuk. Pada penerapan jaman romawi kuno tujuan AC yang digunakan adalah untuk menurunkan suhu karna tingkat derajat suhu disana cukup tinggi.

Tetapi saat itu tidak semua orang mampu membangun teknologi AC. Karna biaya yang dibutuhkan untuk membangun AC sangatlah mahal mulai dari kebutuhan air, tenaga profesional, alat bangunan, dan bahan bangunan . Hanya orang tertentu dan dapat memiliki AC seperti keturunan raja dan orang kaya saja.

Pada tahun 1820, seorang ilmuan inggris bernama Micheal Faraday mengembangan AC dengan cara terbaru untuk mendinginan udara menggunakan gas Amonia. Gas Amonia adalah suatu zat berupa gas yang di anggap dapat mengasilan daya dingin. Setelah itu pada tahun pada tahun 1842, seorang dokter yang sedang bekerja pada suatu rumah sakit Apalachicola bertempat di Florida Amerika Serikat menemukan cara terbaru untuk mendinginan ruangan rumah sakit. Tapi sayangnya sebelum AC yang ditemukannya sempurna, beliau telah meninggal dunia pada tahun 1855. DR. Jhon Gorrie adalah sang penemu AC untuk mendinginan ruangan rumah sakit itu. Dan ini merupakan sebuah cikal bakal terciptanya teknologi AC pada masa abat ke 18.

Kemudian ada seorang insinyur dari New York Amerika Serikat bernama Willis Haviland Carrier melanjutan cara dari penemuan Dr. Jhon Gorrie untuk meneyempurnakan teknologi AC. Namun perancangan AC yang diciptakan oleh insinyur Willis Haviland Carrier digunakan untuk tujuan dan keperluan percetakan dan industri lainnya, justru bukan untuk kepentingan manusia.

Pada taun 1927, AC pertama kali digunakan pada suatu rumah di Mineapolis, Minnesota. Pada jaman itu yang pertama kali menggunakan AC adalah di rumah ini. Setelahnya, tidak hanya sektor perumahan saja , tetapi juga AC telah digunakan di berbagai sektor seperti industri, perkantoran, gudang dan lainnya. Ada berbagai macam bentuk dan ukuran AC telah dibuat, mulai dari yang besar sampai yang terkecil. Tercipta rasa nyaman adalah suatu fungsi yang tetap sama dan masih diterapkan agar mampu mendinginkan suhu ruangan.

Sang Penemu AC

Dari sejarah ini yang bersumber dari Wikipedia, saya menarik kesimpulan bawa ternyata kemampuan para ilmuan jaman dulu memang tidak diragukan lagi. Pemikiran dan ide ide sangat luar biasa dengan mudahnya di kembangan seperti sang penemu AC misalnya. Seorang yang pertama kali menemukan AC sebenarnya adalah DR. Jhon Gorrie warga negara Amerika Serikat. Dokter ini terpicu oleh rasa peduli kepada para pasien dirumah sakit tempat beliau bekerja. Pria kelahiran Charleston, California Selatan, 3 Oktober 1802 ini menemukan gagasanya membuat mesin pendingin atau AC karena melihat para pasien yang menderita penyakit malaria dan gejala demam tinggi. Dari penyakit ini tercipta sebuah alat untuk mengkondisikan suhu ruangan. DR, Jhon Gorrie memiliki rasa peduli kepada para pasien agar tercipta rasa nyaman dan menurunkan rasa panas oleh akibat gejala penyait demam tinggi yang diderita penduduk Amerika Serikat pada saat itu.