>

Sejarah AC Pendingin Ruangan

Airconditioner adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu).


Airconditioner - Sejarah perkembangan pendingin ruangan dari teori sejak ribuan tahun lalu pada mesir kuno


Fungsi AC

Jadi sifat Airconditioner disini adalah sebagai pengatur, penyeimbang, menstabilkan suatu suhu pada suatu ruangan agar tselslu tetap dapai di sesuaikan sesuai kondisi yang dibutuhkan.

Jika suatu ruangan memiliki suhu diatas normal, maka kita membutukan suatu pengatur suhu dimana pengetur suhu yang dibutuhkan adalah mesin pendingin ruangan. Agar suhu yang tadinya panas menjadi normal karna pengaturan yang dihasilkan dari pendingin ruangan ini. 

Inilah yang dimaksud dari pengertian airconditioner di atas. Airconditioer tidak hanya tentang pendingi ruangan saja. Ada juga suatu sistem AC yang sifatnya penghangat ruangan. Dan sistem ini sangat di butuhkan pada negara negara yang cuacahnya dingin.

Umumnya pendingin ruangan menggunakan siklus refrigerasi tetapi kadang-kadang menggunakan penguapan, biasanya untuk kenyamanan pendingin di gedung-gedung dan kendaraan bermotor.

Sejarah AC

Konsep dasar  AC ternyata telah diketahui dan diterapkan di Mesir kuno sejak ribuan tahun yang lalu, sebuah buluh digantung di jendela dan dibasahi dengan air. Air yang menguap akan didinginkan oleh udara yang bertiup melalui jendela, meskipun dalam proses ini membuat udara menjadi lebih lembab tetapi bermanfaat dalam iklim gurun yang kering.

Teknik lain dalam abad pertengahan diterapkan oleh orang Persia yang menggunakan sumur dan menara angin untuk mendinginkan bangunan selama musim panas. Di Roma Kuno air dari saluran air disirkulasikan melalui dinding rumah untuk didinginkan. 

Pada abat ke 19 pendingin udara listrik berskala besar pertama diciptakan dan digunakan pada tahun 1902 oleh Haviland Willis Carrier. 

Hingga sekarang,
Seiring dengan perkembangan zaman, perusahaan-perusahaan elektronik mulai membuat atau memproduksi  AC dengan berbagai teknologi terbaru di terapkan. Salah satunya adalah yang dapat membunuh virus dan bakteri juga menghemat biaya listrik. 

Plasmacluster dan Inverter merupakan teknologi yang saat ini digunakan oleh produsen AC. Plasmacluster dirancang dapat membunuh virus dan bakteri di dalam ruangan, sementara inverter dikatakan dapat menghemat energi lebih dari 10%.

Mesin pendingin ruangan pada dasarnya sangat di butuhkaan masyarakat yang berada di daerah panas. contohnya pada negara negara yang mimiliki suhu terpanas di dunia seperti 

Irak, Iran, Arab Saudi, Ethiopia, India, Libya Amerika Serikat dan termasuk Indonesia. 

Hingga tahun ke tahun kini fungsi AC mememang bukan lagi sebuah kebutuhan sekunder. AC menjelma menjadi suatu kebutuhan yang sangat diperlukan. 

Peningkatnya produksi AC dari berbagai produsen dan harga yang mampu bersaing dengan kebutuhan lainnya lah membuat AC banyak diminati oleh banyak pengguna.